Jumat, 25 Maret 2011

Manusia dan Keindahan

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang apa yang saya ketahui tentang manusia dan keindahan.

Jika bicara mengenai keindahan, maka akan muncul pemikiran kita tentang sesuatu yang bisa membuat perasaan kita menjadi tenang dan rileks juga menyenangkan. Banyak aspek yang bisa kita nilai keindahannya, terutama apa yang kita lihat maka otomatis kita bisa membuat penilaian tentang itu. Misalnya ketika sedang melihat pemandangan alam, atau sesuatu yang membuat kita takjub ketika melihatnya.

Sedangkan manusia sendiri mempunyai beberapa komponen yang dapat dipergunakan sebagai alat pengukur keindahan. Dimulai dari mata yang digunakan sebagai penglihatan, kemudian terdapat hati yang bisa merasakan dan melakukan penilaian seberapa indahnya dari apa yang dilihat oleh mata. Serta akal dan pikiran kita yang dapat menimbang indah atau tidaknya sesuatu yang digambarkan oleh mata kita. Jika semua komponen itu menyatakan bahwa terdapat objek yang menurut kita indah, maka dapat dikatakan objek itu adalah sebuah keindahan.

Maka dapat dikatakan, hubungan antara manusia dan keindahan bisa tercipta disaat kita melihat atau merasakan ketenangan dan kesenangan pada diri kita. Disaat kita sedang merasa sedih, lalu kita melihat sesuatu yang indah maka bisa jadi rasa sedih itu akan menghilang. Begitu pula sebaliknya, jika kita sedang merasakan kenyamanan pada keindahan lalu terdapat sesuatu yang membuat kita sedih, maka bisa jadi rasa kenyamanan itu akan pudar perlahan-lahan.

Oleh karena itu, selalu usahakan agar kita selalu bisa merasakan kalau di sekeliling kita itu indah. Karena dengan begitu, kita tidak akan merasakan kesedihan dan selalu merasakan kesenangan. Dan tak lupa kita harus bersyukur kepada Allah SWT. karena DIA yang memberikan anugerah keindahan di dunia ini untuk sama-sama kita rasakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar