Jumat, 25 Februari 2011

Manusia dan Kebudayaan

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.

Manusia dalam kehidupannya selalu didampingkan oleh kebudayaan yang berada di sekelilingnya, karena ciri khususnya yaitu diajarkan secara turun temurun. Jika kita lihat di negara Indonesia, banyak sekali macam-macam budaya yang berada di setiap daerah. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing, diantaranya berupa teri-tarian, baju daerah, bahasa daerah dan lain sebagainya. Semua itu adalah warisan dari nenek moyang kita terdahulu yang harus kita lestarikan, agar anak cucu kita nanti dapat mengetahui warisan para leluhurnya.

Sementara itu, sekarang ini banyak terdapat budaya-budaya yang di adopsi dari kebudayaan luar atau biasa disebut ‘bangsa barat’. Jika kita bandingkan antara hal yang positif dengan negatif, kita bisa melihat bahwa lebih banyak hal negatif yang di adopsi oleh warga negara kita. Hal tersebut telah mempengaruhi pola hidup dan arah pandang bangsa Indonesia. Ini dikarenakan kita tidak bisa menyaring kebudayaan asing dengan adanya era globalisasi yang kian menguat.

Oleh karena itu, kebudayaan yang ada di negara kita jangan kita lupakan. Kita harus menjaganya agar tidak ternodai oleh budaya luar apalagi sampai menggantikannya. Memang bisa dikatakan banyak budaya luar yang menyenangkan untuk dilakukan, tetapi tidak semua hal yang menyenangkan itu baik apalagi mengubah pola hidup kita. Tidak ada kata terlambat untuk berbuat sesuatu jika kita yakin untuk melakukannya.

Sekian tulisan singkat yang saya buat tentang manusia dan kebudayaan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Mohon maaf bila terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan ini. Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar