Senin, 25 April 2011

Manusia dan Pandangan Hidup

Seperti judul di atas, tema penulisan kali ini saya akan membahas tentang hubungan antara Manusia sebagai makhluk yang memiliki pandangan hidup. Sebelumnya, saya akan menjelaskan mengenai apa yang disebut dengan pandangan hidup.

Pandangan hidup ialah pendapat atau pertimbangan dari pemikiran kita yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk hidup di dunia. Selama manusia hidup di dunia, mereka harus mempunyai pedoman atau pandangan hidup. Kita bisa menentukan sendiri arah dan tujuan dari hidup kita di dunia ini. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya, tetapi bayak orang berpendapat bahwa pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :

1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak kebenarannya.
2. Pandangan hidup yang berupa idiologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat             pada negara tersebut.
3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.
 
Pandangan hidup seseorang akan mempengaruhi kehidupan orang tersebut di dunia. Tingkah laku dan kebiasaan seseorang akan tergambarkan dari cari ia memandang arti kehidupannya di dunia. Antara pandangan hidup dan tingkah laku kita di dunia akan berbeanding lurus, jika kita memiliki pandangan ke arah positif maka akan menghasilkan tingkah laku positif pula, dan begitu juga sebaliknya.
 
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi pandangan hidup seseorang, tetapi yang berpengaruh penting ialah faktor keluarga dan lingkungan sekitar. Karena kedua aspek tersebut erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Pandangan hidup juga dapat berubah sewaktu-waktu jika terjadi perubahan pada diri seseorang.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pandangan hidup seseorang akan mempengaruhi kualitas kehidupan orang tersebut. Semua itu ada dan terjadi karena mereka sendiri yang berpikir tentang pandangan hidupnya selama di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar