Senin, 30 Mei 2011

Manusia dan Kegelisahan

Pada dasarnya setiap manusia itu pasti saja memiliki suatu keadaan dimana dirinya diikuti oleh rasa gelisah. Akan tetapi kegelisahan itu juga pasti ada sebabnya, bisa karena suatu kebohongan atau sampai suatu kejahatan.
 
Kegelisahan adalah keadaan dimana  manusia sedang berada dalam kondisi yang memicu adrenalin sehingga pikirannya menimbulkan efek yang membuat dirinya menjadi tidak tenang dalam menghadapi sebuah masalah. Pada kondisi itu juga manusia kurang bisa menjaga emosi yang menybabkan tindakan yang gegabah dan tidak bisa sabar menunggu.
  •  Kecemasan obyektif
adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalamdunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam utnuk mencelakakannya.Pengalaman bahaya dan timbulnya kecemasan mungkin dari sifat pembawaan, dalam arti kata, bahwa seseorang mewarisi kecenderungan untuk menjadi takut kalau ia berada dekat dengan benda-benda tertentu dalam keadaan tertentu dari lingkungan.
  •   Kecemasan moril
disebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki bermacam-macam emosi antara lain: sirik, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa kurang. Semua itu merupakan sebagian dari pernyataan individu secara keseluruhan berdasarkan konsep yang kurang sehat. Sikap seperti itu sering membuat orang merasa khawatir, cemas, takut, gelisah dan putus asa. Bila dikaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman dari dalam maupun dari luar. Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama dimulai dari diri kita sendiri, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.

Oleh karena itu, sebaiknya saat kita sedang berada dalam kondisi genting yang dapat membuat kita gelisah , kita harus bisa mengontrol diri , pikiran dan perasaan agar kita tetap tenang dan bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar